Pemerintah Terus Lanjutkan Langkah Progresif Menjaga NTP

Friday 16 Aug 2024, 11 : 23 pm
Kepala NFA Arief Prasetyo Adi

Dalam rilis BPS terbaru, pada Juli 2024, indeks NTP kembali bertumbuh positif 0,84 poin menjadi 119,61 dari bulan sebelumnya yang 118,77.

Jika dibandingkan bulan Juli pada tahun sebelumnya yang kala itu tercatat 110,64 turut memperlihatkan pertumbuhan yang konkret.

Gapaian impresif ini semakin mendekati rekor indeks tertinggi NTP selama 2,5 tahun terakhir yang tercapai pada Februari 2024 di 120,97.

Sementara untuk NTP subsektor tanaman pangan (NTPP) di Juli 2024 tumbuh positif menjadi 108,32 dengan indeks harga yang diterima petani padi di 134,44.

Dalam 2,5 tahun terakhir, indeks NTPP tertinggi tercatat di tahun ini dengan capaian 120,30 pada Februari 2024.

Pemerintah pun berhasil jaga indeks NTPP terus stabil di atas 100 poin sejak Oktober 2022. Kala itu NTTP tercatat masih di 100,41.

Baca juga :  Kelas Menengah Penggerak Ekonomi Indonesia

“Sekarang tren NTP selalu di atas 100, berarti apa yang dikeluarkan oleh petani, itu terbayarkan. Kami di Badan Pangan Nasional selalu bantu jaga indeks NTP ini. Numbers can talk. Sekarang petani happy karena di atas 100 terus, sehingga pada semangat tanam. Jadi ini seiring pula dengan berbagai upaya teman-teman di Kementerian Pertanian yang di hulu terus menggenjot akselerasi produksi pangan Indonesia,” imbuh Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

2021 Momentum Positif Pemulihan Ekonomi Indonesia

Namun mulai bulan Maret semua leading indicators sudah berada di

Pejabat Pemprov Masih Jawara Korupsi

Namun sayangnya kata dia belum adanya vonis yang memberikan efek