Penerapan Smart Logistic Wujudkan Perdagangan Lebih Efisien

Thursday 25 Nov 2021, 1 : 16 am
by
Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan

JAKARTA-Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan menegaskan mendukung penerapan Logistic 4.0 (smart logistic) guna mewujudkan perdagangan dalam negeri yang efisien.

Logistic 4.0 merupakan pengembangan sistem logistik nasional yang mengacu pada visi logistik Indonesia 2025, yaitu “locally integrated, globally connected.”

Penerapan ini bertujuan memperbaiki sistem distribusi domestik setiap simpul ekonomi di seluruh daerah agar dapat terhubung dan terintegrasi.

Hal ini ditegaskan Kasan saat membuka Gambir Trade Talk 2021 ke-4 dengan tema “Logistic 4.0 (Smart Logistic) dalam Mendukung Kinerja Perdagangan yang Efisien: Di Mana Posisi Kita?”.

Acara ini diselenggarakan secara hibrida, hari ini, Rabu (24/11).

“Penerapan Logistic 4.0 perlu diupayakan untuk meperbaiki sistem distribusi domestik. Sebab, sebagai negara kepulauan, Indonesia memerlukan peran logistik untuk mewujudkan perdagangan dalam negeri yang efisien,” kata Kasan.

Baca juga :  7 Fasilitas Umum di Jayapura dan Wamena Selesai Direhabilitasi

Hadir dalam acara ini Direktur Transformasi Digital Produktivitas dan Supply Chain PwC Consulting Indonesia Pieter Van De Mheen, Dekan SIMT Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Presiden Institut Supply Chain dan Logistik Indonesia I Nyoman Pujawan, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia Mahendra Rianto, Founder dan CEO Ritase.com Iman Kusnadi, dan Dosen Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Tomy Perdana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Said Abdullah: Butuh Pertumbuhan Ekonomi 6-7% Menuju High Income Country di 2045

JAKARTA -Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah mengatakan

Tim Gabungan Temukan Bagian Pesawat Sriwijaya SJ 182

JAKARTA-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Panglima TNI Marsekal Hadi