Penerapan Smart Logistic Wujudkan Perdagangan Lebih Efisien

Thursday 25 Nov 2021, 1 : 16 am
by
Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Kasan

Penggunaan teknologi baru dan inovatif dapat digunakan untuk meningkatkan keandalan, kualitas, dan fleksibilitas pengiriman, serta tingkat pelayanan.

“Pelaksanaan digitalisasi logistik domestik memiliki lebih banyak tantangan dibandingkan logistik global, seperti ekspor dan impor. Sebab, masih banyak pelaku bisnis konvensional di tingkat lokal,” kata Rianto.

Founder dan CEO Ritase.com Iman Kusnadi menuturkan, peranan logistik digital di Indonesia dari sisi pengguna masih belum maksimal.

Hal ini memerlukan edukasi lebih lanjut terkait digitalisasi logistik.

“Ritase.com berkolaborasi dengan semua institusi yang memiliki nilai tambah ke depannya terhadap logistik nasional. Kolaborasi tersebut bertujuan membentuk suatu standar dan menekan biaya logistik,” kata Iman.

Dekan SIMT Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Presiden Institut Supply Chain dan Logistik Indonesia I Nyoman Pujawan menyebutkan ada tiga pemangku kepentingan utama yang terkait dengan logistik, yaitu pengguna utama dari logistik, perusahaan, dan negara.

Baca juga :  Ditjen Ketenagalistrikan Sosialisasi 3 Aturan Baru Sub Sektor Ketenagalistrikan

Logistik dapat turut serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

“Salah satu inovasi di sektor industri logistik adalah digitalisasi transportasi. Hal itu dapat mencakup penggunaan sensor pintar (smart sensors), pelacakan kontainer (container tracking), matching platform, dan analitik data transportasi,” jelas Nyoman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Kebijakan Nasional Industri Mengutamakan Kepentingan Nasional

Lebih lanjut Menperin mengatakan bahwa pemerintah memiliki beberapa strategi utama

OJK Cabut Izin Usaha Dua Perusahaan Modal Ventura

Dengan dicabutnya izin PT Artha Nusa Sembada dan PT Freeport