Pengamat: Mundurnya Airlangga Berdampak Pada Rekom Pilkada 2024

Monday 12 Aug 2024, 3 : 24 pm
Airlangga Hartarto

SURABAYA – Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menyebut mundurnya Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum Partai Golkar akan berimbas pada konstalasi politik negeri ini, khususnya Pilkada Serentak.

Surokim Abdussalam dihubungi ANTARA di Surabaya, Senin mengatakan situasi ini akan berdampak pada rekomendasi dan persiapan pilkada di daerah yang waktunya sudah mepet, yakni Akhir Agustus.

“Pascamundurnya pak Airlangga (Hartarto) tentu saja berdampak terhadap rekom pilkada, khususnya di daerah utama yang selama ini harus melalui ketum,” bebernya.

Namun untuk Pilkada di Jawa Timur, dirinya yakin tidak akan ada perubahan yang signifikan.

Apalagi untuk pemilihan Gubernur Jawa Timur.

“Jika ada perubahan saya pikir tidak akan terlalu ekstrem termasuk Pilkada Jatim saya pikir Golkar akan istiqomah mendukung petahana,” kata peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) ini.

Baca juga :  Program 100 Hari Presisi Kapolri, Prakasa Asabels Nusantara Giatkan Layanan Ambulans Gratis

Surokim yakin secara kelembagaan Partai Golkar cukup kuat dan tidak terlalu berimbas banyak.

“Saya pikir Golkar akan konsisten mendukung KIM (Koalisi Indonesia Maju),” katanya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto telah mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Ketua Umum Partai Golkar. Airlangga menyebut keputusan itu diambil demi memastikan stabilitas transisi pemerintahan baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Musim Liburan, BTN Khitan 1400 Anak Sekolah

JAKARTA-Corporate Secretary PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Achmad Chaerul

Presiden Jokowi Ingin Semua Moda Transportasi Terintegrasi

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jika transportasi dan lalu lintas