Perlu Intervensi Pemerintah Agar Ekonomi Tak Anjlok

Friday 5 Jun 2015, 4 : 41 pm
by
Gubenur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo

Lebih lanjut dia mengajak pengusaha agar berfikir optimis dan positif ditengah melemahnya ekonomi dunia, terutama yang berdampak pada sektor real estate diantaranya properti. “Pengusaha jangan pernah mempersepsikan dollar akan kembali menguat, tapi kita harus yakin bahwa rupiah yang akan menguat. Jika semua pengusaha membuat persepsi, maka dikhawatirkan persepsi tersebut menjadi kenyataan. Kita harus optimistis pertumbuhan ekonomi kembali membaik,” katanya.

Ia mengatakan, melemahnya ekonomi dunia juga berdampak pada Indonesia terutama Jatim. China yang menjadi mitra dagang Jatim, saat ini pertumbuhannya menurun dari 12 persen menjadi sekitar 6-7 persen.

Menurutnya, Jatim dapat terus bertahan dari melemahnya ekonomi yakni dengan terus meningkatnya perdagangan antar pulau. Tahun 2014, barang yang dikirim antar provinsi sebesar Rp. 415 trillun dan masuk ke Jatim sebesar Rp. 325 trilliun sehingga terdapat surplus Rp. 90 trilliun. “Perdagangan antar pulau ini menjadi salah satu cara di dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jatim,” terangnya.

Baca juga :  Pemerintah Targetkan Angka Kemiskinan Ekstrem Nol% di Tahun 2024

Sementara itu, Ketua DPP REI Eddy Hussy menjelaskan, Program Sejuta Rumah yang dibangun tahun ini sebanyak 334 ribu unit menjadi tanggung jawab pemerintah yang didanai melalui APBN.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

KIS, KIP, dan KKS, Sasar 15,5 Juta Keluarga Kurang Mampu Se-Indonesia

Menurutnya, keseluruhan program tersebut merupakan era baru dalam peningkatan kesejahteraan

Menkominfo Jajaki Peluang Penerapan Teknologi Digital Terbaru di Indonesia

Selanjutnya, Menteri Johnny melakukan pertemuan bilateral dengan perwakilan menteri bidang