Perlu Mendesain Kedewasaan dan Pendewasaan Beragama Dalam Masyarakat Plural

Thursday 11 Jun 2015, 8 : 28 pm
by

Sayangnya, sebagaimana disinyalir  Ketua FKUB Jateng, Prof. Dr. H. Mudjahirin Thohir, MA,kehidupan keberagamaan bangsa ini secara empiris masih kerap ditandai fenomena yang bersifat destruktif atas idealisme suci semua agama dan keyakinan dalam mengkonstruksikan relasi umat beragama yang harmonis. Setidaknya, percikan-percikan intoleransi diskriminatif atas pemeluk agama dan keyakinan yang berbeda masih saja terjadi. “Hemat saya, bahkan ini bisa menjadi semacam bahaya laten yang setiap saat bisa meletup secara sporadis di berbagai tempat di negeri ini,” ujarnya.

Untuk itulah, jelasnya perlu langkah-langkah yang jujur, elegan dan cerdas untuk berani mendesain kedewasaan dan pendewasaan hidup beragama dalam masyarakat yang plural ini. Namun demikian, mendesain kedewasaan dan pendewasaan hidup beragama dan berkeyakinan memerlukan modal kerendahan hati dan keterbukaan untuk mengubah prasangka menjadi cinta penuh pemahaman, mengubah kebencian dan dendam menjadi kasih, mengubah semangat berselisih menjadi semangat hidup bersama dalam kerukunan.

Baca juga :  Polisi Ringkus Empat Kelompok Preman Pelaku Pungli di Tanjung Priok

Lebih dalam lagi, upaya mendesain kedewasaan dan pendewasaan hidup beragama dan berkeyakinan akan menjadi semacam ziarah perdamaian dan rekonsiliasi di muka bumi ini antar kita yang berbeda. Setiap tradisi agama apa pun lekat dengan damba ziarah perdamaian dan rekonsiliasi terus-menerus baik secara internal maupun eksternal. Upaya mendesain kedewasaan dan pendewasaan hidup beragama dan berkeyakinan akan menjadi bentuk pembangunan komitmen untuk bekerjasama dan membangun solidaritas antara umat beragama yang berbeda tak hanya di tingkat elite melainkan juga bersama semua orang dalam karya rekonstruksi spiritual dan moral di tengah masyarakat. “Di dalamnya, kita bersama dalam keberbedaan bekerja mewujudkan persaudaraan sejati lintas iman, agama, budaya dan kelompok. Kita bekerja sama sebagai saudari dan saudara yang sejati,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Taat Bayar Pajak Bagian Dari Nilai Kepahlawanan

“Bagi rakyat, ketaatan membayar pajak juga bagian dari kepahlawan, karena

Ada Usulan Honor Produser dan Tim Kreatif Dalam RUU RTRI

Sementara anggota Komisi I DPR RI, Arief Suditomo mengatakan, rencana