Permudah Akses Investasi Properti Bagi Investor Melalui Teknologi Blockchain

Wednesday 7 Aug 2024, 9 : 17 pm
RMI Luncurkan Tokenisasi DIRE. Akhabani, Direktur Utama PT. Reliance Manajer Investasi (kedua dari kiri) antusias dengan peluncuran inovasi skema tokenisasi Dana Investasi Real Estat (DIRE) berbasis teknologi blockchain. Pasar tokenisasi global menunjukkan pertumbuhan pesat mencapai US$ 178 juta pada September 2023 atau meningkat sekitar 90% dibandingkan tahun sebelumnya.

JAKARTA – PT Reliance Manajer Investasi (RMI) pekan lalu meluncurkan terobosan inovasi produk finansial yaitu tokenisasi aset finansial berbasis properti di Indonesia bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan D3 Labs.

Terobosan ini menggunakan skema tokenisasi Dana Investasi Real Estat (DIRE) berbasis teknologi blockchain untuk memperluas jangkauan pasar sehingga mempermudah transaksi bagi investor domestik dan internasional serta meningkatkan likuiditas transaksi di pasar sekunder.

RMI akan menerbitkan dan mengelola DIRE yang didukung aset-aset properti yang produktif dari para debitur BTN.

Sementara itu, D3 Labs menyediakan teknologi blockchain untuk tokenisasi aset tersebut sehingga meningkatkan likuiditas dan aksesibilitas investasi pada DIRE.

Adopsi teknologi blockchain dalam tokenisasi DIRE ini mencerminkan tren global.

Baca juga :  Pefindo Tetapkan Rating JSMR di Level idAA-, Outlook Direvisi Jadi Positif

Data dari D3 Labs mengungkapkan bahwa pasar tokenisasi global menunjukkan pertumbuhan pesat mencapai US$ 178 juta pada September 2023 atau meningkat sekitar 90% dibandingkan tahun sebelumnya.

Di sisi lain, dengan latar belakang pertumbuhan penanaman modal asing yang kuat di Indonesia mencapai US$ 946,4 juta pada kuartal pertama 2024, terobosan inovasi produk finansial tokenisasi ini diharapkan semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu pasar investasi produk keuangan paling potensial di dunia.

“Kami sangat antusias dengan peluncuran skema tokenisasi DIRE ini yang merupakan inisiatif baru dalam mengubah cara berinvestasi berbasis properti di Indonesia. Dengan tokenisasi, kami yakin dapat menjangkau investor lebih luas serta memberikan akses yang lebih mudah kepada mereka yang ingin berinvestasi,” ujar Direktur Utama PT Reliance Manajer Investasi, Akhaban.

Baca juga :  Sariguna Primatirtha Dirikan Stube Segarkan Indonesia Untuk Ekspansi Usaha

Lebih lanjut Akhabani menjelaskan, inovasi tokenisasi ini juga menawarkan manfaat bagi institusi penerbit DIRE dalam hal pendanaan tambahan untuk ekspansi bisnis dan insentif pajak.

Berikutnya investor juga akan mendapatkan keuntungan berupa alternatif investasi yang terjangkau, perlindungan terhadap inflasi dan transparansi yang tinggi.

“Harapan kami, terobosan baru tokenisasi DIRE ini akan meningkatkan likuiditas transaksi di pasar sekunder sehingga memiliki daya tarik tinggi bagi para investor. Kami, Reliance Group bersama dengan BTN dan D3 Labs berkomitmen kuat untuk menghadirkan solusi investasi yang lebih inklusif dan efisien,”  ujar Akhabani.

Inovasi ini juga mencakup pengembangan produk melalui uji coba atau sandbox bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertujuan untuk memastikan kepatuhan dan keamanan dalam proses tokenisasi.

Baca juga :  Pembangunan MRT Bundaran HI ke Ancol Telan Investasi Rp100 Triliun

“Melalui pengujian ini, kami memastikan bahwa seluruh proses tokenisasi DIRE tetap memenuhi standar regulasi yang ada dan menawarkan transparansi serta akuntabilitas yang tinggi,” tegasnya.

PT Reliance Manajer Investasi telah berpengalaman dalam menerbitkan dan mengelola DIRE di pasar modal Indonesia sejak 2019 dengan menerbitkan DIRE Reliance Centro City Residence.

Berdasarkan catatan di pasar modal hingga saat ini hanya ada 6 DIRE yang pernah diterbitkan dan hanya ada 4 Manajer Invetasi yang berpengalaman menjadi manajer investasi produk DIRE.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

PANRB

Menteri PANRB: ASN Tak Usah Khawatir Dengan Pemindahan Ibu Kota Negara

JAKARTA-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin meminta

Lowongan Dosen, Kemristekdikti Siapkan 5 Formasi Khusus Untuk Putra Papua

JAKARTA-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyediakan 1.500 formasi