Pertumbuhan Tahunan Penjualan Eceran Melambat

Tuesday 9 Dec 2014, 8 : 43 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2014 menunjukkan pertumbuhan penjualan eceran yang melambat. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Oktober 2014 yang tercatat sebesar 168,5 atau tumbuh 17,6% (yoy), sedikit lebih rendah dari pertumbuhan bulan sebelumnya yang sebesar 17,9% (yoy).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara mengatakan perlambatan pertumbuhan terutama didorong oleh penjualan riil kelompok barang lainnya dari 14,4% (yoy) menjadi 9,3% (yoy). “Perlambatan pertumbuhan penjualan terjadi di 5 (lima) kota yang disurvei, dengan perlambatan terbesar terjadi di kota Denpasar yaitu sebesar -47,8% (yoy) dari bulan sebelumnya yang terkontraksi -37,5% (yoy),” jelas dia di Jakarta, Selasa (9/12).

Baca juga :  UMKM Panen Untung Selama MotoGP Mandalika 2022

Dia memperkirakan,perlambatan pertumbuhan tahunan penjualan eceran diperkirakan berlanjut hingga November 2014. Kondisi ini tercermin dari perkiraan IPR November 2014 yang tumbuh sebesar 15,6% (yoy). Namun demikian, secara bulanan, pertumbuhan penjualan eceran pada November 2014 diperkirakan menguat didorong oleh meningkatnya permintaan dan daya beli masyarakat menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru.

Survei juga mengindikasikan bahwa ekspektasi terhadap tekanan harga pada 3 bulan mendatang (Januari 2015) diperkirakan meningkat. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat sebesar 158,1 atau naik 1,6 poin dibandingkan IEH hasil survei pada bulan sebelumnya. “Meningkatnya ekspektasi harga tersebut diperkirakan didorong oleh rencana pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM), kenaikan harga Liquified Petroleum Gas (LPG), dan kenaikan harga barang dari distributor,”pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

KADIN

Arsjad Rasjid: Idul Adha Jadi Momentum Peningkatan UMKM ASEAN

JAKARTA-Ketua Umum Kadin Indonesia dan Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC)

Pemerintah Akan Gunakan Utang Untuk Kegiatan Produktif

JAKARTA-Pemerintah menargetkan pendapatan negara dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja