Peta Politik Berubah, Said Abdullah: Jangan Terpaku Pada Kerjasama Politik Formalistik

Monday 23 Sep 2024, 1 : 59 pm
Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah menegaskan kerjasama politik dalam pilkada harus dimaknai sebagai kontestasi demokratis, bukan sebuah permusuhan politik.

Sebab kontestasi pilkada adalah jalan demokratis dan konstitusional mendapatkan pemimpin di daerah.

Penegasan ini sekaligus menepis anggapan bahwa semua kepala daerah dan wakil kepala daerah yang di usung oleh PDI Perjuangan berhadapan dengan calon yang di usung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) maupun KIM plus.

“Cara pandang ini harus klir lebih dulu. Sebab kontestasi pilkada adalah jalan demokratis dan konstitusional memilih pemimpin. Setelah pilkada, semua pihak yang tadinya berkontestasi hendaknya rukun kembali bersama-sama membangun daerah dengan perannya masing-masing,” ujar Said di Jakarta, Senin (23/9).

Baca juga :  Hasto Sampaikan Pesan Megawati di Peringatan 27 Juli, Ini Isinya

Menurut Said, terbentuknya kerjasama politik di pilgub dari sejumlah daerah dari KIM bahkan KIM Plus harus dilihat konteks politik paska pilpres dan sebelum lahirnya Putusam MK No. 60 pada tanggal 20 Agustus 2024.

Saat itu terang Said memang ada sejumlah keinginan dari sejumlah elit politik yang ingin mengulang kesuksesan pada pilpres dalam pilkada.

Namun setelah munculnya Putusan MK No. 60 tahun 2024 dan munculnya sejumlah figur calon kepala daerah, peta politik telah berubah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Mahasiswa Studi Magister UIN Sunan Kalijaga Yogya Kunjungan ke SHW Center di Jakarta dalam Rangka MBKM

JAKARTA-Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Studi Magister Pengembangan Masyarakat
PT Samudera Indonesia Tbk

Prima Andalan Bagi Dividen Interim Rp250 per Saham pada 7 Desember 2023

JAKARTA-PT Prima Andalan Mandiri Tbk (MCOL) berencana membagikan dividen interim