PMI Manufaktur RI Anjlok, Mukhtarudin: Genjot Perluasan Pasar Ekspor

Thursday 1 Aug 2024, 6 : 31 pm

JAKARTA – Aktivitas manufaktur nasional tercatat mengalami kontraksi setelah bertahan di level ekspansi selama 34 bulan berturut-turut.

Purchasing Manager’s Index (PMI) manufaktur Indonesia pada Juli 2024 kini berada di level 49,3 atau turun 1,4 poin dari bulan sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai penurunan PMI (Purchasing Managers’ Index) manufaktur tersebut karena penurunan aktivitas manufaktur dan ekonomi yang melemah.

“Saya kira tentu penyebabnya antara lain, yakni masalah rantai pasok, penurunan permintaan, kondisi geo politik saat ini menjadi factor, “ tutur Mukhtarudin, Kamis 1 Agustus 2024.

Wakil Ketua Fraksi Golkar Bidang Industri Dan Pembangunan (Inbang) ini berharap pemerintah bisa mengimplementasikan kebijakan fiskal dan moneter yang mendukung.

Baca juga :  Lindungi Konsumen dan Industri, Kemenperin Dorong Penerapan SNI Perhiasan

“Seperti pemotongan suku bunga, pemberian stimulus fiskal, atau insentif pajak untuk perusahaan manufaktur dalam negeri,” beber Mukhtarudin.

Selain itu, Anggota Badan Anggaran DPR ini juga mengatakan agar perusahaan manufaktur dapat mencari pasar baru untuk mengurangi ketergantungan pada pasar yang sedang lesu saat ini.

“Hal ini termasuk memperluas ekspor atau mengeksplorasi segmen pasar baru,” kata Mukhtarudin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Indodana Mengajak Mahasiswa UNP Paham Literasi Keuangan Digital

JAKARTA-Pemahaman literasi keuangan digital di Indonesia penting untuk diketahui para

Soekarno Run, Sekjen PDIP, Ganjar Pranowo, Hingga Menteri dan Anggota DPR Ikut Jadi Peserta

JAKARTA – Rangkaian penutupan peringatan Bulan Bung Karno 2024 di