Promosi Seni Budaya Nusantara ke Slovakia, GLB Angkat Jataka dan Kisah Relief Borobudur

Wednesday 11 Sep 2024, 10 : 51 am
Gentra Lestari Budaya mempromosikan seni budaya nusantara dalam acara Indonesia Week: Culture-Trading-Tourism pada 10 hingga 14 September 2024 di kota Bratislava. Berfoto bersama dengan Dubes RI Untuk Slovakia, R. Pribadi Sutiono - Foto: GLB

Pada agenda promosi seni budaya tersebut GLB NTT dan GLB Jawa Barat bakal menampilkan lagu dan musik tradisional. Sedangkan dari Jakarta serta Sumatra Barat ditampilkan tari-tarian.

Promosi Jataka Kisah Relief Borobudur

Adapun GLB DIY pada kesempatan ini mempromosikan Jataka, kisah-kisah kebijakan warisan Leluhur Nusantara yang bersumber dari relief Candi Borobudur.

Performance berupa kolaborasi antara seni tari dengan aksi monolog-teatrikal Bambang Eka Prasetya, pegiat budaya yang telah lama menekuni sastra berbasis relief Borobudur.

Dewan Pembina GLB yang juga Koordinator GLB DIY, Fidel Diponegoro menyatakan, sayang sekali bila masyarakat kurang mengenal kisah-kisah Jataka Borobudur yang penuh dengan nilai- nilai luhur.

“Itu merupakan warisan tak ternilai tentang pendidikan karakter bagi generasi muda Nusantara. Kami membawa kisah ini ke Eropa, dalam rangka mendongkrak popularitas Jataka sebagai narasi yang memperkuat magnet Candi Borobudur sekaligus meluruskan narasi simpang siur yang sering beredar,” ujarnya.

Baca juga :  Wagub Cok Ace: Bali Sangat Ramah Terhadap Wisatawan Muslim

Salah satu kisah yang akan ditampilkan adalah Maitrakanyaka (sumber: Panel 106 s/d Panel 112 Borobudur) yang berkisah tentang anak durhaka yang berlayar tanpa mengindahkan harapan ibunya bahkan bertindak kurang ajar kepada ibunya sehingga kemudian harus menjumpai karma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Nanti Malam, Golkar Bahas Kepastian Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Golkar juga memiliki kader yang sebelumnya digadang-gadang maju dalam Pilkada

Kisah Ustad Mudhakir, Guru Ngaji Jokowi

Pemilik LPA Budi Cendikia, Rahmat, membenarkan, Mudhakir dulunya salah satu