PT LSAJ Gandeng UGM, Kembangkan Peternakan Terintegrasi di Blora untuk Dukung Program Makan Bergizi Gratis

Sunday 22 Sep 2024, 12 : 09 pm
Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Hilirisasi Produk Peternakan, Prof. Dr. Ir. Ali Agus

YOGYAKARTA – PT. Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ), perusahaan yang bergerak di sektor peternakan milik pengusaha Arie Triyono, tengah bersiap melakukan langkah terobosan dengan menggandeng Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kerja sama ini berupa pemanfaatan lahan seluas 11 ribu hektar di kawasan KHDTK (Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus) milik UGM di Blora.

Rencana ini bertujuan mendukung program pemerintah dalam penyediaan makan bergizi gratis dan minum susu gratis bagi masyarakat, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Tenaga Ahli Menteri Pertanian Bidang Hilirisasi Produk Peternakan, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, menjelaskan bahwa kerja sama ini telah melalui serangkaian diskusi antara Kementerian Pertanian, PT. LSAJ, dan UGM.

Baca juga :  Survei BI: Optimisme Konsumen Tetap Terjaga di Maret 2019

Ia menjelaskan bahwa KHDTK UGM telah ada sejak 2016 dengan fungsi untuk pendidikan, penelitian, dan pengembangan, termasuk konservasi hutan yang melibatkan masyarakat sekitar.

Namun, terobosan baru ini akan memanfaatkan lahan tersebut untuk pertanian terpadu dengan konsep Agro Silvo Pastura, yang menggabungkan kehutanan dan peternakan.

“Agro Silvo Pastura ini konsep yang kami kembangkan untuk mengoptimalkan lahan yang belum produktif. Blora, meskipun terkenal dengan keterbatasan air dan lahan kering, memiliki potensi besar di sektor peternakan, khususnya sapi,” jelas Prof. Ali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Indonesia-Vietnam Optimis Target Perdagangan USD 10 Miliar Tercapai

JAKARTA-Hubungan perdagangan antara Indonesia dengan Vietnam menunjukkan perkembangan yang sangat

Jokowi Bilang Investasi IKN Tembus Rp56,2 Triliun

KALIMANTAN TIMUR – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan investasi