Putusan Pansel Kompolnas Ubah Status Peserta yang Diloloskan Cacat Hukum

Friday 27 Sep 2024, 10 : 58 pm
IPW
Ketua Presidium IPW, Sugeng Teguh Santoso

JAKARTA – Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso kembali mempertanyakan keprofesionalan Panitia Seleksi Komisi Kepolisian Nasional (Pansel Kompolnas).

Hal ini terkait putusan Pansel Kompolnas dalam mengubah status peserta yang diloloskan.

Kali ini oleh calon anggota Kompolnas dengan nomor peserta TM.109, Andi Syafrani mempertanyakan putusan Kompolnas.

Dia  meminta klarifikasi pansel dalam mengubah status peserta yang lolos untuk disampaikan ke presiden.

Peserta yang diloloskan Pansel itu yakni Prof. Dr. Deni S.B. Yuherawan SH. MSi. yang semestinya dari jalur Pakar Kepolisian (PK) dimasukkan ke jalur Tokoh Masyarakat (™).

Sehingga peralihan status ini sangat berdampak terhadap kuota atau hak dari peserta lainnya yang mewakili unsur dari tokoh masyarakat.

Baca juga :  Ganjar Pranowo Kenang Peran Said Abdullah Saat Pilgub Jateng

Selain itu, klasifikasi dua unsur tersebut bersifat kategori imperatif yang diatur dalam peraturan, maka penetapan posisi peserta dalam salah satu unsur bersifat tetap sejak awal hingga akhir.

Sejak awal pendaftaran, seluruh peserta sudah dikelompokkan dalam dua kategori yakni Tokoh Masyarakat (™) dan Pakar Kepolisian (PK). Prof. Dr. Deni S.B. Yuherawan SH. MSi. dalam pendaftaran peserta dikelompokkan dalam unsur Pakar Kepolisian (PK) dengan nomor peserta PK.63.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Gerakan Ormas Radikal Seperti ‘Kanker’

JAKARTA-Pancasila telah menjadi dasar filsafat bagi negara kebangsaan Indonesia Raya. Sejarah

BI: Keyakinan Konsumen Masih Tinggi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa keyakinan konsumen pada