Radio Menjadi Sumber Informasi Pemilu Setelah Televisi

Wednesday 18 Sep 2024, 6 : 34 pm
ILUSTRASI

JAKARTA – Survei nasional media yang digelar Nielsen sepanjang Juli hingga Agustus 2024, dan melibatkan 2553 responden mengungkap televisi masih menjadi sumber utama informasi Pemilu di Indonesia.

Sebanyak 80.8% publik di Indonesia mencari informasi melalui TV, diikuti radio 62.8%, media sosial 47.6%, selanjutnya koran 7.2%, website 6.1%, aplikasi 6.0% dan majalah 1.4%.

Dari publik yang menjadikan radio sebagai sumber informasi pemilu, sebanyak 79.6% dari mereka, mendengarkan informasi Pemilu melalui Radio Republik Indonesia (RRI).

Ada berbagai alasan mengapa publik menjadikan RRI sebagai media informasi Pemilu. Responden mendengarkan RRI karena ingin mengetahui berita ter-update (62,8%), siarannya informatif (40%), acaranya menarik (36,6%).  (Lihat box).

Baca juga :  7 Fakta Kebohongan Rocky Gerung, Adhie Massardi, Refly Harun dan Natalius Pigai Terhadap Publik

Sebanyak 92 persen responden menilai RRI berhasil membawakan suara pemilu secara adil, dengan pertanyaan. menurut anda, apakah sajian berita seputar Pemilu yang disiarkan RRI sudah adil untuk semua kandidat Pemilu?

Survei Nielsen tersebut juga memotret kepuasan pendengar siaran Pemilu RRI. Lebih dari 90 persen pendengar suara Pemilu RRI memberikan nilai positif RRI dalam menyajikan informasi Pemilu.

Tingkat kependengaran RRI di Maluku dan Papua cukup tinggi. Bahkan wilayah  Maluku dan Papua capaian persentase pengakses informasi pemilu mencapai   88,3 persen dari populasi pendengar radio. Selain Papua dan Maluku, Sulawei tak kalah tingginya. Sekitar 89.5 persen dari populasi pendengar radio terkait informasi tentang pemilu, adalah pendengar RRI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BTN Sumbang Korban Bencana Alam Mamuju

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memberikan bantuan kepada para

Cuma 50 Juta Penduduk Terakses Bank

JAKARTA-Tidak berkembangnya bisnis di Indonesia, lebih  karena masih sulit mengakses