Rencana Hapus Kredit Macet UMKM, DPR Minta Prioritaskan Pengusaha Kecil Terdampak Covid-19

Monday 21 Aug 2023, 7 : 22 pm
UMKM Go Digital

Namun, Politisi PDIP lagi-lagi mengingatkan pemerintah tak boleh sembarang memberikan fasilitas tersebut kepada pengusaha besar.

“Pemerintah harus memiliki data yang akurat tentang UMKM yang macet karena force majeure dan harus pastikan, jika sudah dibantu UMKM itu punya potensi untuk bangkit dan kembali berkembang,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengatakan dengan hapus buku dan hapus tagih kredit macet, bank milik negara dapat melaksanakan kegiatan penghapusan buku dan penghapusan tagih kredit macet UMKM, sama seperti bank swasta yang sudah lama melakukannya.

Namun, dirinya belum membocorkan kapan dan seperti apa aturan teknis tersebut lebih lanjut.

“Itu yang dari kacamata regulasinya akan keluar dari Peraturan Pemerintah, karena terkait bank-bank yang dimiliki oleh pemerintah [BUMN], PP nya kita tunggu yang pada gilirannya akan dilaksanakan, karena untuk bank non-pemerintah sudah dilakukan masing-masing,” ujarnya di acara Like It, Senin (14/8/2023).

Baca juga :  NPL Bank BJB Diperkirakan Naik

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) pun telah merespon soal rencana penghapusan kredit macet UMKM di perbankan hingga Rp5 miliar sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Suku Bunga Bakal Naik di 2022, Investor Direkomendasikan Diversifikasi Portofolio

Dengan demikian, kata Putut, kenaikan suku bunga akan membuka peluang

Janda di Tangsel Ini Sebut Janji Bansos Pemerintah Bak Angin Surga

“Setelah ada korona ini menjadi sekali-sekali saja panggilan kerja buat