RMK Energgy dan KAI Sepakat Tingkatkan Kapasitas Loading Batubara dari Tambang In-House TBBE

Tuesday 27 Aug 2024, 9 : 19 am
by
Ilustrasi

Stasiun Simpang merupakan stasiun akhir pembongkaran kereta batubara yang terintegrasi dengan Pelabuhan Keramasan, kedua fasilitas logistik batubara ini merupakan aset milik RMKE.

Volume unloading kereta milik RMKE akan meningkat sejalan dengan peningkatan kapasitas loading batubara yang disediakan KAI pada tambang in-house TBBE.

Pada tahun 2024, KAI menyediakan kapasitas kereta menuju Stasiun Simpang sebanyak 17 kereta/hari atau setara dengan muatan angkutan sebesar 17 juta mt batubara per tahun.

Realisasi bongkaran kereta di Stasiun Simpang RMKE masih sebesar 11 juta mt batubara pada tahun 2023 atau masih underutilized sebesar 65,4% karena adanya kendala operasional yang dialami oleh RMKE pada kuartal IV 2023 dan cuaca yang kurang mendukung pada kuartal I  2024 yang menyebabkan turunnya produksi tambang-tambang di Sumatera Selatan.

Baca juga :  PSP4 Eksekusi Kajian Integrasi IKN dan KTI Melalui Konsep Terusan Sulawesi

Ke depannya, KAI berpotensi meningkatkan kapasitas maksimum angkutan batubara menuju stasiun simpang sebesar 26 KA/hari dengan peningkatan sarana dan prasarana di stasiun muat TBBE dan di stasiun muat lainnya yang merupakan pelanggan KAI.

Vincent mengatakan, kerja sama jangka panjang ini mendukung RMKE mencapai target jangka panjang yakni 20 juta mt volume angkutan jasa batubara ke depannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Tingkatkan Layanan Jalan, PUPR Tawarkan Proyek Preservasi Jalan Nasional Pakai Skema KPBU

Dua proyek yang ditawarkan dengan skema ini senilai Rp. 1,975

WIKA Siapkan Kembangkan Teknologi Balitbang PUPR

Ditambahkannya PT. WIKA Beton tidak perlu khawatir, karena banyak program