Sandiaga: Ekonomi Kreatif Indonesia Menyumbang ke PDB USD82 Miliar

Friday 28 Jun 2024, 10 : 18 pm
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

“Dengan pendapatan sebesar 13 miliar dolar AS, Indonesia kini menjadi pasar terbesar ke-15, yang artinya telah menyaingi Brasil, Meksiko, dan Spanyol,” kata Menparekraf.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan bahwa industri gim global pada tahun 2022 bernilai 184,4 miliar dolar AS, dengan Asia dan Pasifik mewakili 48 persen atau hampir separuh pangsa pasar dunia.

Sedangkan industri gim di pasar Asia Tenggara (SEA), diiproyeksikan tumbuh sebesar 8,0 persen pada 2024.

“Indonesia pun menjadi pasar gim terbesar berdasarkan pendapatan, jumlah pemain gim, dan pertumbuhan pendapatan, hal ini didorong oleh inisiatif lokal untuk mengembangkan sub sektor gim,” kata Menparekraf.

Menparekraf Sandiaga menilai Indonesia juga memiliki potensi ekonomi kreatif dari industri film.

Baca juga :  Andreas Hugo: BPOLBF Harus Gencar Mempromosikan Pariwisata dan Produk Lokal Flores

Apalagi, film horor Indonesia tidak kalah dari drama Korea Selatan dan Hollywood.

“Seperti genre film pencak silat, yakni film The Raid yang disutradarai oleh Gareth Evans telah memperoleh penghasilan sekitar 9,3 juta dolar AS atau setara dengan Rp150 miliar pendapatan internasional. Ada juga film KKN Desa Penari tahun 2022, dan Badarawuhi pada tahun 2024, yang didistribusikan juga oleh Lionsgate USA,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf menyampaikan, ada 17 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia yang sedang dikembangkan yang diharapkan menjadikan industri ini lebih dinamis, kreatif, dan responsif terhadap permintaan pasar yang terus berkembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

59 Orang Karyawan PT Food Station Terima Kartu Pekerja Jakarta dari Bank DKI

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengatakan Kartu
Peningkatan posisi cadangan devisa pada September 2021 antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan utang luar negeri pemerintah

Meningkat, Cadev September 2021 USD146,9 Miliar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir