Sekjen PDIP Ceritakan 3 Karakter Wayang: Mulai dari Jahat hingga Pembohong

Sunday 4 Aug 2024, 11 : 15 pm
Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat memperingati 28 tahun peristiwa Kudatuli, dengan menggelar acara wayangan dengan lakon ‘Sumantri Ngenger’ pada Sabtu (3/8/2024) malam

JAKARTA – Tiga kesatria dalam cerita wayangan dinilai bisa menjadi pelajaran hidup dalam berpolitik.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat memperingati 28 tahun peristiwa Kudatuli, dengan menggelar acara wayangan dengan lakon ‘Sumantri Ngenger’ pada Sabtu (3/8/2024) malam.

Hasto mengatakan tiga kesatria memiliki karakter sendiri-sendiri yang mana bisa menjadi ritual kehidupan.

Pertama ialah Kumbakarna, yang menurut Hasto, kesatria yang begitu baik, meski tubuhnya berpenampilan raksasa.

“Dia di dalam hidupnya meskipun tampilannya raksasa, tetapi selalu berjuang bagi kebenaran, berjuang bagi kebaikan. Dia tahu bahwa kakaknya yang namanya Dosomuko yang mencerminkan sepuluh ambisi kekuasaan duniawi, ternyata melakukan suatu perbuatan-perbuatan yang sangat jahat. Apakah ikut merubah konstitusi? Saat itu saya tidak tahu Karena kemudian dia selalu mengingatkan kepada kakaknya ini. Tetapi problemnya sebagai seorang kesatria tugas dia hanya sekadar mengingatkan,” kata Hasto.

Baca juga :  Kang Sobary: Tolak Shalatkan Jenasah Menantang Firman Allah

Hasto mengatakan saat ini terjadi kejahatan demokrasi yang seharusnya itu merupakan hak untuk rakyat tetapi diselewengkan.

Namun banyak yang diam.

“Pesan moral dari Kumbokarno ini adalah karena dia bingung antara jalan kesatria dan jalan sebagai Brahmana, sehingga akhirnya hidupnya penuh keraguan, meskipun dia bisa melihat dengan mata hatinya mana yang benar, mana yang tidak, tetapi dia tidak melakukan banyak perbuatan-perbuatan untuk membela keadilan meskipun itu harus mempertaruhkan jiwa dan raganya,” kata Hasto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Berita Moneter

Redaktur Berita Moneter

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Said Abdullah: Ganjar-Mahfud, Dwi Tunggal Lahirnya Ratu Adil

JAKARTA-Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menilai, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud
BSDE

BSDE Bidik Prapenjualan Rp9,50 Triliun pada 2024

JAKARTA – PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menargetkan prapenjualan