Soal Revisi UU MD3, Sekjen MPR Akan Bahas Teknis Fasilitas Pimpinan

Wednesday 25 Jan 2017, 12 : 11 pm

Usai Ragab kepada media massa nasional, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa Badan-Badan di MPR seperti Badan Anggaran, Badan Sosialisasi dan Badan Pengkajian serta Lembaga Pengkajian MPR telah melaporkan seluruh kinerjanya kepada Pimpinan MPR dan Pimpinan Fraksi-fraksi serta Pimpinan Kelompok DPD.

“Yang menarik adalah pembahasan soal haluan negara.  Pada intinya semua pimpinan sepakat bahwa Republik Indonesia penting memiliki haluan negara.  Masing-masing fraksi dan kelompok DPD menyatakan pendapatnya tentang haluan negara yang pada intinya semua setuju,” katanya.

Diutarakan Zulkifli Hasan, ada beberapa fraksi yang menyatakan soal pembentukan dan perumusan soal haluan negara perlu diatur dengan Ketetapan MPR (TAP MPR).  Intinya MPR diberikan kewenangan untuk membuat TAP MPR kembali.  Dengan begitu, MPR yang akan diberi kewenangan untuk merumuskan dan menyusun haluan negara.

Baca juga :  Hadiri Imlek Nasional 2020, Presiden: Mari Bekerja Lebih Keras

Beberapa fraksi lain, lanjut Zulkifli Hasan, juga menyampaikan bahwa haluan negara harus memiliki kekuatan hukum yang mengikat, tapi ada juga yang berpendapat tidak perlu ada lagi yang penting lembaga-lembaga negara melaporkan kinerjnaya kepada MPR RI tidak ada sanksi apapun tapi yang memberi sanksi rakyat sendiri.  Misalnya, Presiden tidak memuaskan rakyat, atau lembaga lain tidak memuaskan rakyat maka sanksinya tidak akan dipercaya rakyat dan tidak akan dipilih lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pemerintah Ajukan Anggaran Belanja Negara 2017 Rp 2.070 Triliun

Presiden Jokowi menegaskan, RAPBN tahun 2017 disusun dengan strategi kebijakan

Presiden Tunjuk Pangdam Bukit Barisan Kordinator Penanganan Sinabung

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku