TCPI Jual Armada ke Perusahaan Asal Hong Kong Senilai USD7,5 Juta

Wednesday 10 Jul 2024, 5 : 57 pm
ILUSTRASI

JAKARTA – PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) memutuskan untuk menjual aset berupa berupa satu unit armada mother vessel kepada perusahaan pelayaran asal Hong Kong senilai USD7,4 juta.

Berdasarkan surat resmi TCPI yang disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tertanggal 10 Juli 2024, perseroan telah melakukan penandatanganan memorandum of agreement (MoA) dengan salah satu perusahaan berdomisili di Hong Kong terkait penjualan armada mother vessel.

Menurut Direktur TCPI, Bintang Septo Drestanto, satu unit mother vessel bernama Aliyah Pertiwi dijual dengan harga USD7,5 juta.

Apabila mengacu pada kurs tengah Bank Indonesia pada penutupan perdagangan 8 Juli 2024 yang senilai Rp16.265/USD, maka nilai transaksi ini senilai Rp121,99 miliar.

Baca juga :  PUPR: Penataan Kompleks GBK Selesai Juni 2018

Bintang menyebutkan, transaksi tersebut bukan merupakan transaksi afiliasi, karena tidak ada hubungan afiliasi antara TCPI dan pembeli.

“Penjualan kapal ini bertujuan untuk peremajaan kapal-kapal milik perseroan. Kondisi kapal ini sudah kurang komersial untuk dioperasikan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, keputusan untuk menjual mother vessel tersebut diharapkan bisa menciptakan kegiatan operasional TCPI secara lebih baik.

“Perseroan sebagai penjual akan menerima harga jual kapal tersebut dari pembeli dan penjualan ini tidak berdampak signifikan terhadap kondisi keuangan perseroan,” ucap Bintang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Asal Positif, Presiden Jokowi Tak Alergi Kritik

JAKARTA-Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung Wibowo membantah anggapan bahwa Presiden

Puan Dukung Transformasi Sepak Bola Nasional dan Penegakan Hukum Tragedi Kanjuruhan

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani  menaruh perhatian terhadap penegakam hukum