Teknologi Jadi Enabler Sektor Industri

Tuesday 8 Jan 2019, 8 : 26 pm
by
Menkominfo Rudiantara menjadi salah satu pembicara pada Diskusi Outlook Perekonomian Indonesia 2019 di Ritz Carlton Jakarta, Selasa (8/1/2019)

Seemntara dari aspek aplikasi, Indonesia menurut Rudiantara memiliki Gojek yang memilki pasar makin luas.

“Gojek sudah masuk Pasar Asia, sudah ada di Vietnam, Singapura, sekarang lagi nego dengan Filipina. Cara berinteraksi dengan dunia internasioanal harus dengan berkolaborasi, karena kita bukan pencipta teknologi di dunia didominasi oleh Tiongkok dan Korea. Kita tidak bisa terpisah-pisah tapi terintegrasi dengan negara lain,” ujar Rudiantara.

Menteri Kominfo menambahkan sebagai enabler pemerinta telah menyiapkan infrastruktur teknologi melalui kebijakan afirmatif melalui Program Palapa Ring.

”Tidak semua operator mau membangun semua daerah, makanya pemerintah menerapkan kebijakan afirmatif membangun di daerah yang operator tidak mau bangun. Palapa Ring Barat sudah selesai 100 persen, begitu juga dengan Paket Tengah selesai per 1 Januari 2019. Untuk Timur sudah mencapai 89.39%. Integrasi semuanya akan selesai pada pertengahan tahun 2019. Sehingga nanti tidak ada lagi wilayah yang tidak tersentuh internet,” jelasnya.

Baca juga :  Buya : Cawapres Harus Kuasai Makro Ekonomi

Berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia, Menteri Rudiantara menjelaskan pemerintah berupaya menyiapkan antisipasi dalam menghadapi industri 4.0. Kementerian Kominfo pun memiliki Program Digital Talent.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Pemerintah Siapkan ‘Omnibus Law’ Mempermudah Izin Usaha

“Itulah Omnibus Law,” ujarnya. “Sekarang ini, yang diminta oleh presiden

Menkeu: Subsidi RAPBN 2015 Untuk Ringankan Beban Mayarakat

Dari total subsidi Rp 433,512 triliun itu, sebagian besar dialokasikan