TNI dan Polri Siap Dukung Pilkada Serentak di Papua

Thursday 30 May 2024, 7 : 07 pm
Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto

JAYAPURA – Pilkada Serentak tahum 2024 dilaksanakan di seluruh wilayah Papua.

Namun berdasarkan Staf Operasi Tentara Nasional Indonesia (Sops TNI), wilayah Papua termasuk kategori kerawanan tinggi.

Berdasarkan data Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2024, wilayah yang keamanannya dianggap berstatus rawan berada di Provinsi Papua Tengah dan Provinsi Papua Pegunungan, sementara wilayah lainnya dinilai berstatus keamanan sedang.

“Masih terdapat aksi kekerasan bersenjata yang dilakukan oleh kelompok bersenjata di beberapa tempat di wilayah Papua, seperti di Kabupaten Puncak, Kabupaten Yakuhimo, Kabupaten Paniai, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Nduga, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Maybrat,” kata Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto saat memberikan pengarahan Kesiapan Pengamanan Tahapan Pilkada Serentak di Wilayah Papua, di Kodam XVIII/Cenderawasih, Jayapura, Kamis (30/5/2024).

Baca juga :  Said Napak Tilas di Kampung Kelahiran

Berdasarkan data intelijen, tingkat kerawanan pada pelaksanaan Pilkada Serentak cenderung menengah-tinggi, lebih besar daripada kerawanan Pemilu Pileg dan Pilpres yang cenderung kecil-menengah.

Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya keberpihakan penyelenggara kepada salah satu pasangan calon, penyelenggara tidak taat regulasi, pasangan Kepala Daerah menjadi kompetitor pada saat Pilkada, hasil penghitungan suara tidak sesuai dengan kondisi riil di TPS, keberpihakan aparat keamanan kepada salah satu Paslon, dan politik uang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bulog Didorong Jadi Badan Ketahanan Pangan

JAKARTA-Bahan pangan berupa sembako sangat rawan permainan para mafia. Bahkan

Puan Harap Polri Jadi Garda Terdepan Pemberantasan Judi Online

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri upacara dan