Tokoh Agama Deklarasi Komitmen Peduli Persoalan Ekologi

Wednesday 14 Aug 2024, 6 : 10 pm
by
Para tokoh agama sedang membacakan deklarasi komitmen bersama untuk peduli dengan persoalan ekologi, pada akhir dialog lintas iman di Jakarta pada 14 Agustus 2024.

JAKARTA – Para tokoh perwakilan agama-agama dan aliran kepercayaan di Indonesia mendeklarasikan komitmen bersama untuk menjaga “bumi sebagai rumah kita bersama” di tengah sejumlah persoalan krisis ekologi saat ini, yang salah satunya dipicu eksploitasi industri ekstraktif dan berdampak pada peminggiran dan pengabaian hak masyarakat lokal.

Para tokoh – yang mewakili Katolik, Protestan, Islam, Hindu, Buddha, Khonghucu, dan aliran kepercayaan Baha’i – mendeklarasikan komitmen itu dalam sebuah dialog lintas iman bertema “Kemanusiaan dan Ekologi” di Pura Aditya Rawamangan, Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Diiinsiasi oleh lembaga Gereja Katolik, Ordo Fratrum Minorum atau yang dikenal dengan Fransiskan, dialog itu juga digelar dalam rangka menyambut kunjungan Pemimpin Umum atau Minister General mereka Pastor Massimo Fusarelli, OFM.

Baca juga :  Impor Dosen Asing Bisa Timbulkan Kegaduhan

Dialog ini, menurut para Fransiskan, juga bagian dari upaya persiapan kunjungan Paus Fransiskus bulan depan, dengan mendalami pesan pentingnya, terutama dalam Laudato Si dan Fratelli tutti – dokumen Vatikan yang khusus bicara soal krisis ekologi dan dialog antaragama.

Dalam deklarasi bersama usai dialog, para tokoh menyatakan komitmen terhadap sejumlah tujuh hal, termasuk “merawat bumi sebagai rumah bersama dengan mewujudkan gaya hidup hemat dan menghormati kesucian atau kesakralan alam.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Proses Transisi Blok Rokan Lebih Diintensifkan di 2019

JAKARTA-Pemerintah telah menetapkan PT Pertamina (Persero) sebagai pengelola blok minyak
PT Samudera Indonesia Tbk

Buat Operasional, AKR Corporindo Suntik Modal Anak Usaha Rp150 Miliar

JAKARTA-PT AKR CorporindoTbk (AKRA) meningkatkan modal disetor PT Andahanesa Abadi