Tokoh Agama Deklarasi Komitmen Peduli Persoalan Ekologi

Wednesday 14 Aug 2024, 6 : 10 pm
by
Para tokoh agama sedang membacakan deklarasi komitmen bersama untuk peduli dengan persoalan ekologi, pada akhir dialog lintas iman di Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Mereka juga menyatakan komitmen “menciptakan lingkungan hidup yang bersih, sehat, dan berkelanjutan” dan “memastikan hak-hak masyarakat adat dan generasi mendatang terpenuhi, kearifan lokal terpelihara, dan kesejahteraan bumi dimungkinkan.”

Para tokoh juga menegaskan komitmen “mengejawantahkan cara hidup yang didasarkan pada semangat persaudaraan di tengah keberagaman, menghormati dan menjunjung tinggi martabat pribadi manusia, terutama mereka yang dikecualikan atau disingkirkan,” dan “menegakkan keadilan ketika terjadi diskriminasi, korupsi, dan eksploitasi” serta “mewartakan secara terus-menerus nilai-nilai perdamaian di tengah masyarakat luas.”

Selain Pastor Massimo Fusarelli, OFM, para tokoh yang mendeklarasikan komitmen ini antara lain Matias Filemon Hadiputro, pendeta dari Gereja Kristen Jawa; Nissa Wargadipura, perempuan Muslim dan pimpinan Pesantren Ekologi Ath-Thaariq; Budhy Munawar-Rachman, tokoh Muslim moderat; Atthadhiro Thera dari organisasi agama Budha Sangha Theravāda Indonesia; JM I Wayan Gelgel, perwakilan organsiasi Hindu Pinandita Sanggraha Nusantara; Budi S. Tanuwibowo, Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia; dan Nasrin Astani, aktivis dialog lintas agama aliran kepercayaan Baha’i.

Baca juga :  Mudik Asyik Bersama BUMN, BNI Antarkan 4.200 Pemudik Pulang Kampung
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Kenaikan Pendapatan Katrol Laba Bersih ADRO di Kuartal III Jadi USD420,9 Juta

Sedangkan, besaran laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik

Presiden Jokowi: Saya Belum Panggil Arcandra

Namun 20 hari kemudian ia diberhentikan dari jabatannya terkait kasus