Tokoh Agama Deklarasi Komitmen Peduli Persoalan Ekologi

Wednesday 14 Aug 2024, 6 : 10 pm
by
Para tokoh agama sedang membacakan deklarasi komitmen bersama untuk peduli dengan persoalan ekologi, pada akhir dialog lintas iman di Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Di sisi lain, “sungai yang tercemar dan kualitas udara yang semakin buruk menjadi hal yang biasa dan bukan sebagai hal yang memprihatinkan.”

“Ukuran ideal sebuah kota Jakarta adalah luas teritorial itu sebanyak 30% menjadi ruang terbuka hijau, tetapi kenyataannya saat ini terus menurun sekitar 5% dari luas Jakarta,” katanya.

Tokoh Muslim Budhy Munawar Rahman memberi catatan tentang pentingnya peran agama-agama, yang pada prinsipnya memiliki ajaran untuk mendorong konservasi lingkungan dan aksi iklim.

Ia berkata, dalam Islam misalnya, ada konsep khalifah bahwa manusia adalah penjaga bumi dan memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan merawat ciptaan Tuhan, yang sejalan dengan ensiklik Laudato Si dari Paus Fransiskus yang “menekankan tanggung jawab kolektif untuk merawat bumi sebagai rumah bersama.”

Baca juga :  Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1445H Jatuh pada Rabu, 10 April 2024

Ia menyatakan, kerja sama lintas agama menjadi penting karena “Indonesia sedang bergulat dengan masalah lingkungan yang parah seperti deforestasi, polusi, dan hilangnya keanekaragaman hayati.”

Dalam wawancara usai dialog, ia berkata, soal komitmen seperti ini “sekarang adalah waktunya yang tepat, di mana agama-agama harus menyadari satu kriris yang sudah dan akan lebih besar lagi kita alami, yaitu krisis lingkungan, krisis iklim.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Masuki Periode II, Kanwil Jabar I Galakkan Imbauan Amnesti

Sementara bagi Wajib Pajak UKM, yakni yang beromset tidak lebih

ASN Tidak Boleh Terlibat Dalam Organisasi Terlarang Seperti HTI dan FPI

Sebagai langkah tegas, Kementerian PANRB bersama Komisi Aparatur Sipil Negara