Tokoh Agama Deklarasi Komitmen Peduli Persoalan Ekologi

Wednesday 14 Aug 2024, 6 : 10 pm
by
Para tokoh agama sedang membacakan deklarasi komitmen bersama untuk peduli dengan persoalan ekologi, pada akhir dialog lintas iman di Jakarta pada 14 Agustus 2024.

“Kita di Indonesia belum terlalu menganggap ini masalah, belum banyak orang yang membicarakan krisis iklim di rumah ibadah dan perhatian dari tokoh agama juga sangat sedikit, sehingga masyarakat tidak anggap ini sebagai masalah serius,” katanya.

Ia menyatakan, poin-poin dalam komitmen itu masih perlu dikonkretkan dengan mulai dari yang sederhana di kalangan umat masing-masing agama, seperti menanam pohon, olah sampah, sampai pada yang lebih luas soal mempertanyakan komitmen pemerintah pada isu lingkungan.

Romo Yohanes Kristoforus Tara, dari divisi advokasi Komisi Justice, Peace and Integrity of Creation [JPIC] Fransiskan berkata, mereka menerapkan sejumlah komitmen itu dalam pelbagai kebijakan lembaga.

“Kebetulan di Fransiskan, JPIC yang menangani bidang dialog dan ekologi dan sejumlah poin komitmen itu telah kami jalankan selama ini dalam upaya advokasi kami terhadap masalah pertambangan, geothermal, dan isu lainnya,” katanya.

Baca juga :  HUT ke-78, BNI Tanam 78.000 Bibit Mangrove di Teluk Pangpang

“Dengan komitmen bersama ini, kami memperkuat kembali energi untuk berjuang dan kini bersama lembaga-lembaga agama lainnyaa,” katanya.

Ia menyatakan, dialog ini juga merupakan bagian dari upaya persiapan menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta bulan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Ini Bunyi Pidato Pengunduran Diri Airlangga Hartarto

Khususnya kepada para kader dan simpatisan Partai Golkar, saya menghimbau

Presiden Dorong Menteri ATR/BPN Lakukan Sertifikasi Tanah 5 Juta Ha /Tahun

JAKARTA-Presiden Joko Widodo memberi target pada Menteri Agraria dan Tata