UMKM Didorong Manfaatkan IPO Sebagai Alternatif Pendanaan  

Saturday 10 Aug 2024, 5 : 08 pm
Pelaksana Tugas Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Temmy Satya Permana

MAKASSAR -Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus didorong agar tak hanya mengandalkan perbankan untuk memenuhi permodalannya, tetapi juga melalui pasar modal dengan melakukan Initial Public Offering (IPO).

Dengan melakukan IPO di pasar modal, UMKM tumbuh menjadi usaha besar, dapat meningkatkan kepercayaan publik, mendapatkan pendanaan, mendapatkan pengawasan usaha.

“Pada gilirannya juga  meningkatkan skala usahanya, dan menyerap tenaga kerja,” ucap Plt (Pelaksana Tugas) Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)  Temmy Satya Permana dalam acara SME IPO Forum Pasar Modal dan Sosialisasi Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (9/8/2024).

Temmy mengatakan, saat ini bursa tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan besar, tetapi juga menjadi sumber pendanaan bagi UMKM.

Baca juga :  Lautan Luas Emisi Obligasi Rp276,415 Miliar, Kupon Bunga 8,75% per Tahun

Dalam mendorong pertumbuhan dan partisipasi UMKM serta koperasi di pasar modal, bahkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah mengeluarkan Peraturan Nomor 53/POJK.04/2017, yang memungkinkan perusahaan dengan aset skala kecil (sama dengan Rp50 milliar) atau menengah (Rp50 milliar sampai Rp250 milliar) untuk masuk ke pasar modal dan memperoleh pendanaan.

Di tambah lagi program SME IPO (Small Business Enterprise Initial Public Offering) yang merupakan pendampingan Kementerian Koperasi dan UKM bersama IDX Incubator (BEI) kepada Usaha Kecil dan Usaha Menengah untuk memasuki ekosistem pasar modal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Milenial Riau “Boedak Melayu Riau” Deklarasi Damai Pasca Pilpres

PEKANBARU-Ratusan pemuda dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Provinsi Riau

LBH BUMN : Jangan Sudutkan PTDI

JAKARTA-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) BUMN angkat bicara terkait maraknya kabar