UU Cipta Kerja Picu Banyak Perusahaan Bangkrut dan PHK Massal

Saturday 17 Aug 2024, 3 : 48 pm
ilustrasi

JAKARTA – Aktivis Buruh Nasional , yang juga Presiden Women Committee Asia Pasific UNI Apro, Mirah Sumirat menegaskan kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada buruh dalam mengeluarkan kebijakan sangat mempengaruhi Hubungan Pekerja, Pemerintah dan Pengusaha .

Undang -Undang (UU) Cipta Kerja awalnya diartikan sebagai UU untuk mengundang investasi masuk ke Indonesia, namun kenyataannya jauh panggang dari api.

UU ini justru memicu banyak perusahaan  yang tutup dan PHK massal.

Karena itu, Mirah Sumirat juga mengajak buruh dan pengusaha untuk  membangun kembali hubungan industrial Pancasila supaya dilaksanakan oleh semua pihak.

“Menjaga hubungan yang harmonis antara pekerja dengan pengusaha bisa menjadi jalan keluar yang baik bagi kedua belah pihak,” tegasnya.

Baca juga :  Cagub BI Harus Sejalan Dengan Presiden

Dia mengatakan Pemtusan Hubungan Kerja (PHK) adalah jalan terakhir yang diambil.

Untuk itu, pemerintah memfasilitasi dan melindungi pengusaha dan pekerja supaya tidak terjadi PHK.

“Pemerintah harus menjadi wasit yang adil. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pemerintah supaya Pabrik tidak tutup dan Pekerja tidak di PHK, bisa dengan memberikan subsidi produksi, pengurangan pajak dan lain -lain,” imbuhnya.

Mirah Sumirat berharap pemerintah yang baru bisa memperbaiki kondisi ekonomi saat ini dengan memastikan semua warga negara buruh mendapatkan kesejahteraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Aksi Lawan Virus Corona, MKGR Jabar Bagikan Masker Dan Hand Sanitizer Gratis

BANDUNG-Puluhan Pengurus Ormas MKGR Jawa Barat adakan himbauan bahaya covid

Kisah Inspiratif Kayla, Gadis Cilik Tuna Netra Penghafal Al Quran 30 Juz

TANGERANG-Mengalami gangguan pada penglihatan sejak lahir (tuna netra) bukanlah halangan