Wapres Paparkan Tiga Strategi Perkuat UMKM Dapat Tembus Pasar Global

Tuesday 3 Sep 2024, 9 : 40 pm
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin/Photo dok ANTARA

BANTEN – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memaparkan tiga strategi untuk memperkuat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat menembus pasar global.

“Pertama, pacu akselerasi sertifikasi halal di sektor hulu,” kata Wapres dalam sambutannya pada acara Sosialisasi, Pendampingan, dan Pendaftaran Sertifikasi Halal bagi 1.000 Usaha Mikro di Provinsi Banten Tahun 2024 di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Banten, seperti dikutip ANTARA, Selasa (3/9).

Ia menyampaikan percepatan sertifikasi halal di hulu tersebut akan mendorong proses sertifikasi halal di sektor hilir.

Untuk itu, Wapres menekankan pentingnya sertifikasi halal bahan baku yang diprioritaskan, terutama daging.

Menurutnya, percepatan sertifikasi halal rumah potong hewan ruminansia dan unggas akan menjamin kehalalan pasokan daging yang digunakan industri UMKM.

Baca juga :  Bunga KUR 9%, Masyarakat Diminta Tak Pinjam Uang ke Rentenir

“Kedua, perkuat ekosistem industri halal hingga ke daerah terpencil untuk meningkatkan aksesibilitas UMKM,” ujar Wapres.

Oleh karena itu, ia meminta peningkatan jumlah lembaga pemeriksa halal dan sumber daya pendukung seperti asesor dan auditor halal, melalui pemberian insentif serta fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi UMKM di daerah.

Selain itu, Wapres menegaskan bahwa sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus diperkuat dalam upaya optimalisasi kawasan industri halal (KIH) dan peningkatan layanan sertifikasi halal di wilayah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Elin Waty Jadi Presdir Sun Life Financial Indonesia

JAKARTA-Dewan Direksi dan Komisaris PT Sun Life Financial Indonesia dan
7 BUMN tersebut yakni PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), PT Industri Gelas (Persero), PT Istaka Karya (Persero), PT Kertas Kraft Aceh (Persero), PT Industri Sandang Nusantara (Persero), PT Pembiayaan Armada Niaga Nasional (Persero), dan PT Kertas Leces (Persero).

Kilas Balik Pailitnya BUMN PT Kertas Leces, Pertama dan Satu-satunya

Oleh: Eko Novriansyah Putra SH Tak kunjung membaik dan kondisi