Zulhas: UMKM Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Sunday 7 Jul 2024, 11 : 31 pm
by
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melakukan diskusi dengan 100 pelaku UMKM di Rendang Asese, Padang, Sumatra Barat, Minggu (7 Juli 2024)

“Kemendag akan mempertemukan UMKM dengan lembaga pembiayaan ekspor, bagi yang mau ekspor. Jika memerlukan modal, Kemendag akan mempertemukan dengan lembaga perbankan. UMKM juga harus mulai melakukan pemasaran di marketplace. Melalui marketplace dan media sosial, UMKM diharapkan mampu meningkatkan transaksi penjualan dan memperluas jangkauan pemasarannya,” jelasnya.

Dia melanjutkan, Kemendag juga akan membantu UMKM untuk menjangkau buyer di luar negeri.

Untuk itu, pelaku UMKM dapat mengirimkan sampel produk ke perwakilan perdagangan di luar negeri untuk dipasarkan.

“Kita ada perwakilan di 46 negara mitra dagang. Untuk itu, pelaku UMKM bisa mengirimkan sampel produk untuk meyakinkan buyer di luar negeri, tetapi produk yang dikirim harus diperhatikan kualitasnya,” tegasnya.

Baca juga :  Presiden Tinjau Pembangunan Irigasi dan PLBN di Nunukan

Dalam pertemuan ini, Mendag Zulkifli Hasan juga mengajak pelaku UMKM untuk berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia.

Partisipasi tersebut juga perlu didukung dan difasilitasi pemerintah daerah.

“Kita akan menggelar Trade Expo Indonesia pada Oktober mendatang karena didatangi banyak buyer dari berbagai negara. Pelaku UMKM bisa berpartisipasi pada pameran ini dengan difasilitasi pemerintah daerah,” imbuhnya.

Rendang Asese merupakan salah satu pelaku UMKM di Kota Padang dengan produk olahan makanan khas Sumatra Barat. Mulai berusaha sejak 2003, UMKM ini merupakan salah satu peraih UKM Award dari Kemendag pada gelaran Trade Expo Indonesia 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Raka

Adalah jurnalis dengan pengalaman kurang lebih 18 tahun di dunia jurnalistik. Fokus utamanya adalah pada liputan ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Sequis Tegaskan Tidak Rugi Punya Asuransi 

Ketahui juga syarat umum dan khusus mengenai penyakit yang ditanggung. Mengerti

Demi Hemat BBM, Program Mobil Listrik Mesti Dimulai

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebut