Basmi Impor Ilegal, Mendag Dorong Pembentukan Satgas Pengawasan Barang Impor

Wednesday 17 Jul 2024, 11 : 37 pm
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bertemu dengan Jaksa Agung, Sanitiar Burhanuddin di Kantor Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (16 Jul).

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah terus menunjukkan komitmen membasmi impor ilegal.

Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor atau lebih dikenal dengan sebutan Satgas Pengawasan barang impor ilegal.

Satgas ini berperan memitigasi barang-barang yang tidak sesuai ketentuan atau peraturan perundangundangan.

Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan pascapertemuan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin di kantor Kejaksaan Agung di Jakarta, Selasa, (16/7).

“Kami mengusulkan pembentukan satgas yang terdiri atas 19 kementerian dan lembaga, antara lain Kejaksaan, Kepolisian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, serta melibatkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Beberapa hari ini, saya dan Jaksa Agung telah berkoordinasi, lalu hari ini kami bertemu untuk berdiskusi, sekaligus saya meminta dukungan untuk mengatasi polemik di masyarakat terkait terancam tutupnya industri tekstil dan masalah-masalah serupa berkenaan dengan impor,” ungkap Mendag.

Baca juga :  Ajak Starbuck, Petani Diminta Produksi Kopi Berstandar Internasional

Dia mengatakan, ada tujuh ruang lingkup jenis barang tertentu yang diberlakukan tata niaga impor dan dilakukan pengawasan oleh Satgas Pengawasan barang impor ilegal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG

Gerak IHSG Berpotensi Lanjut Menguat, Mainkan WIFI, UNVR, ADRO dan AALI

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini

Penyelidikan Impor Dextrose Monohydrate, KPPI Akan Hearing

JAKARTA-Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) akan menggelar dengar pendapat (hearing)