BBTN Terapkan Tokenisasi Aset Properti Melalui Skema DIRE

Wednesday 31 Jul 2024, 7 : 14 am
by
ILUSTRASI

JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menjadi pionir tokenisasi aset properti di Indonesia melalui skema Dana Investasi Real Estat (DIRE) berbasis teknologi blockchain.

Menurut Direktur Risk Management BBTN, Setiyo Wibowo dalam siaran pers yang dilansir di Jakarta, Selasa (30/7), pemanfaatan skema tersebut dimungkinkan melalui kerjasama BTN dengan Reliance Group, serta D3 Labs sebagai penyedia teknologi blockchain untuk tokenisasi aset digital.

Sebelumnya, BBTN juga tercatat menjadi pionir dalam sekuritisasi aset yang saat ini dikenal sebagai Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA).

Setiyo mengatakan, BTN mendukung inovasi teknologi di sektor keuangan melalui tokenisasi aset digital, agar lebih banyak investor yang mengakses investasi properti di dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga :  OCBC Bank: Fed Mampu Tenangkan Pasar, Obligasi High Yield Tetap Menarik

“BTN akan menyediakan aset-aset properti yang masih aktif sebagai debitur BTN dan memenuhi kriteria untuk menjadi underlying DIRE. DIRE tersebut akan diterbitkan dan dikelola Reliance untuk selanjutnya ditokenisasi oleh D3 Labs,” papar Setiyo.

Adapun ketentuan produk DIRE sudah terbit sejak 2017 sesuai Peraturan OJK No. 64/POJK.04/2017 tentang Dana Investasi Real Estat Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

HKMU Berencana Menghadap OJK Untuk Tentukan Pengendali Perseroan

JAKARTA-PT HK Metals Utama Tbk (HKMU) berencana untuk melakukan komunikasi

SKDU Tw II-2020: Kegiatan Dunia Usaha Turun

JAKARTA-Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia