IMF: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Kuat di Tengah Gejolak Eksternal

Thursday 8 Aug 2024, 2 : 18 pm
by
IMF
Ilustrasi

JAKARTA – Dana Moneter Internasional (IMF) menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah gejolak eksternal dengan inflasi yang terjaga pada kisaran target yang ditetapkan, dan sektor keuangan yang resilien.

Hal itu dikemukakan Erwin Haryono, Asisten Gubernur BI Bidang Departemen Komunikasi.

Kerangka kebijakan Indonesia yang berhati-hati baik di bidang moneter, fiskal, maupun keuangan dinilai IMF telah menciptakan fondasi yang kokoh untuk stabilitas makro dan kesejahteraan sosial.

“Bank Indonesia (BI) menyambut baik hasil asesmen IMF atas perekonomian Indonesia dalam laporan Article IV Consultation tahun 2024 yang dirilis kemarin (7/8),” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (08/8/2024).

Erwin mengemukakan, Dewan Direktur IMF menyampaikan apresiasi dan catatan positif mengenai langkah-langkah kebijakan yang telah ditempuh oleh otoritas Indonesia. Apresiasi tersebut terutama disampaikan terkait beberapa poin penting.

Baca juga :  Zulhas: UMKM Tulang Punggung Ekonomi Indonesia

Pertama, komitmen Indonesia terhadap disiplin fiskal.

Kedua, penurunan inflasi sesuai dengan kisaran target yang telah ditetapkan dan kebijakan moneter yang memerhatikan perkembangan data (data dependent), upaya pendalaman pasar dan upaya penguatan efektivitas transmisi kebijakan moneter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Raka

Adalah jurnalis dengan pengalaman kurang lebih 18 tahun di dunia jurnalistik. Fokus utamanya adalah pada liputan ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

AMMTC Berjalan Lancar, Dipo Apresiasi Kapolri Dorong Kawasan Damai ASEAN Guna Wujudkan Kemakmuran

JAKARTA-Forum internasional ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 mendapat

Maroko Ingin Perkuat Kerjasama Ekonomi dengan Indonesia

JAKARTA-Kerajaan Maroko ingin memperkuat kerjasama ekonomi dengan Republik Indonesia dan