Laras Febriany: Stabilitas Rupiah Mempengaruhi Arus Dana Asing ke Pasar Obligasi

Wednesday 18 Sep 2024, 12 : 44 pm
Portfolio Manager, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Laras Febriany

JAKARTA – Pada dasarnya Indonesia memiliki profil ekonomi yang menarik di antara negara berkembang lain, didukung oleh tingkat pertumbuhan ekonomi tinggi yang stabil, inflasi rendah, tingkat utang negara rendah, kondisi politik stabil, dan tingkat imbal hasil obligasi yang tinggi.

Langka bagi suatu negara berkembang memiliki profil yang cukup baik secara menyeluruh karena biasanya ada saja masalah pada salah satu faktor tersebut.

Dengan profil yang menarik itu, faktor kunci bagi investor adalah pada stabilitas nilai tukar Rupiah, karena pelemahan nilai tukar akan menggerus potensi imbal hasil bagi investor asing,membuat obligasi Indonesia kurang menarik, dan pada akhirnya dapat membuat arus dana asing berbali

Baca juga :  Laras Febriany: Masih Ada Potensi Pemangkasan Suku Bunga The Fed  

 Berikut petikan wawancara Laras Febriany Portfolio Manager, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI).

 

Pasar obligasi mencatat kinerja positif di bulan Agustus.  Apa yang mendukung kinerja pasar?

Di bulan Agustus ini optimisme pasar kembali meningkat secara signifikan. Pasar percaya bahwa The Fed dapat mulai memangkas suku bunga di bulan September setelah data inflasi dan tenaga kerja AS semakin melandai. Pasar juga merespon positif pernyataan Ketua The Fed Jerome Powell di simposium Jackson Hole, yang memberikan sinyal kuat bagi The Fed untuk melakukan penyesuaian kebijakan moneter karena meredanya tekanan inflasi dan meningkatnya risiko di sektor tenaga kerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Lita Berita Moneter

Adalah Jurnalis perempuan yang sangat handal membuat liputan investigatif serta berhasil mengungkap kasus-kasus besar di Indonesia.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Lemhannas

Liona Nanang Supriatna: Pegawai KPK Harus ‘Dilemhannaskan’

BANDUNG-Presiden RI Joko Widodo sudah saatnya mewajibkan seluruh Pimpinan KPK

Menlu Retno: Tidak Ada Pembicaraan Pembelian Sukhoi

RUSIA-Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memastikan pertemuan antara Presiden