Unilever Indonesia Beli Mesin Produksi Kecap dan Bumbu Rp41,51 Miliar

Wednesday 3 Jul 2024, 6 : 00 pm
Ilustrasi

Menurut Padwestiana, transaksi ini merupakan transaksi afiliasi yang wajib diumumkan dalam keterbukaan informasi kepada masyarakat. Selain itu, transaksi ini harus disampaikan dalam dokumen yang menunjukkan pendapat kewajaran dari penilai independen kepada OJK paling lambat dua hari kerja.

Sekedar informasi, Unilever Enterprises Indonesia (UEI) merupakan perusahaan afiliasi dari UNVR. Pasalnya, pemegang saham utama dari UNVR yakni Unilever Indonesia Holding BV merupakan pemegang saham utama dari Unilever Enterprises Indonesia (UEI) dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%.

Meski demikian, papar Padwestiana, transaksi ini bukanlah transaksi material karena nilainya tidak melebihi 20% dari ekuitas Perseroan Unilever Indonesia per 31 Desember 2023 sebesar Rp3,38 triliun.

“Sehingga, transaksi tersebut tidak wajib memperoleh persetujuan pemegang saham melalui RUPS, namun wajib diumumkan dalam keterbukaan informasi,” kata Padwestiana dalam laporannya.

Baca juga :  Presiden Ingatkan Jangan Ada Ego Sektoral Pengembangan EBT

Selama ini, demikian Padwestiana,  UNVR menyewa mesin dari UEI yang digunakan untuk memproduksi kecap Bango. Oleh sebab itu, dengan pembelian aset mesin dari UEI akan membantu kinerja perusahaan.

Dari transaksi pembelian mesin akan mendapatkan penghemat biaya tahunan yang akan didapatkan dari selisih biaya sewa dengan biaya penyusutan yang lebih rendah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Carol Aji

Adalah wartawan senior di Indonesia dengan segudang karya jurnalisnya yang memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Ahok Resmikan Jakarta Creative Hub

Dia menambahkan anak-anak muda kreatif yang tidak memiliki komputer serta kesulitan

Basarah: Anas Tokoh Penting

JAKARTA-Wasekjen PDI Perjuangan Achmad Basarah menanggapi positif kunjungan sejumlah tokoh