Bapanas Pantau Penyaluran Bantuan Pangan Beras Agar Tepat Sasaran

Friday 9 Aug 2024, 1 : 05 am
by
ilustrasi

JAKARTA – Badan Pangan Nasional (Bapanas) /National Food Agency (NFA) terus melakukan pemantauan dan perbaikan terhadap program bantuan pangan (banpang) beras sehingga penyalurannya berjalan dengan lancar dan tepat sasaran.

“Kita ingin memastikan bahwa bantuan pangan ini sampai ke tangan penerima yang benar-benar membutuhkan. Oleh karena itu, sesuai penugasan dari Badan Pangan Nasional, Perum Bulog bersama-sama dinas pangan provinsi dan kabupaten/kota terus melakukan verifikasi dan validasi secara bertahap terhadap data penerima bantuan ini.” ujar Deputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan NFA I Gusti Ketut Astawa dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Ketut mengungkapkan, mekanisme verifikasi dan validasi data penerima diperlukan karena data Kelompok Penerima Manfaat (KPM) bisa terjadi pembaruan akibat perubahan status sosial ekonomi, perpindahan lokasi, dan kondisi lainnya.

Baca juga :  Menkominfo Jajaki Peluang Penerapan Teknologi Digital Terbaru di Indonesia

“Verifikasi dan validasi data dilakukan secara berjenjang, di tingkat pusat Badan Pangan Nasional berkoordinasi dengan Kemenko PMK sebagai walidata KPM, untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Bulog bersama-sama dengan unsur perangkat daerah yaitu Dinas Pangan, Bappeda, Dinas Sosial, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sehingga dengan demikian bantuan pangan ini tersalurkan dengan baik, lancar, dan tepat sasaran,” kata Ketut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

BNI Syariah Salurkan Bantuan terkait COVID-19 ke RSKD Duren Sawit

JAKARTA-BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik (YHT) menyalurkan bantuan terkait

Akibat Pandemi Covid-19, Restrukturisasi Kredit BBKP Capai Rp24,5 Triliun

JAKARTA-PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) melaporkan, hingga akhir September 2020