Produk Asing Ilegal di E-Commerce, Menteri Johnny Siapkan Sanksi Tegas

Monday 4 Apr 2022, 10 : 53 pm
by
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate

JAKARTA-Manipulasi produk asing illegal yang menggunakan merek dalam negeri masih marak terjadi di toko digital atau e-commerce dan marketplace lokal, terutama pada produk kosmetik.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate menegaskan, pemerintah tidak akan tinggal diam, dengan menyiapkan sejumlah langkah tegas, mulai dari peringatan berupa pemutusan (switch off) satu minggu hingga sanksi berat pemutusan permanen.  

Kalau masih ada yang main-main dia diberi peringatan pertama satu minggu kita offline.  Kalau masih terjadi yang kedua kalinya satu bulan kita offline. Kalau sampai yang ketiga kali saya permanen switch off,” tegas Menkominfo dalam acara Forum Ekonomi Digital Kementerian Kominfo IV di Hotel Grand Hyatt, Jakarta pada Senin (4/4/2022).

Baca juga :  Telat Bayar PBB Didenda 2% Per Bulan

Menurutna, produk illegal ini harus ditindak tegas sebagai upaya melindungi dan mendorong perkembangan produk dalam negeri, khususnya yang dihasilkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Karena itu, dia berharap e-commerce bisa segera menghentikan menjual produk illegal tersebut agar tidak mendapat sanksi tegas dari Kementerian Kominfo, sebagai langkah afirmatif pemerintah.

“Jangan sampai terjadi pemutusan permanen karena kita mau membangun digital ekonomi kita, membangun marketplace dan membangun e-commerce kita,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

gatti

Adalah jurnalis senior yang memiliki spesialisasi dalam membuat analisis ekonomi dan politik.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Wapres Ajak Penduduk Lansia Lakukan Vaksinasi

JAKARTA-Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak masyarakat khususnya kelompok lanjut
Industri mamin

Industri Mamin Tambah Investasi Senilai USD 100 Juta

JAKARTA-Industri makanan dan minuman (mamin) di Indonesia memiliki potensi pertumbuhan